Dalam hal ini, kantor memiliki beberapa fungsi dan di antaranya ialah menerima, merekam dan mengatur informasi. Lalu, mengapa kehadiran kantor menjadi suatu hal yang sangat penting? Apa tujuan dibentuknya suatu kantor?

Tujuan kantor ialah untuk mempermudah semua orang yang bekerja dalam satu visi dan misi yang sama untuk saling bertukar dan menerima informasi, sehingga segalanya terasa lebih mudah untuk dikomunikasikan.

Namun di era modern seperti saat ini, kita dapat melihat begitu banyak perkantoran modern dengan gedung-gedung yang menjulang tinggi juga beragam. Akan tetapi apa sih yang dimaksud dengan perkantoran modern? Perkantoran modern ialah bangunan kantor dengan desain yang dapat menyesuaikan perkembangan zaman dengan tata ruangan yang sangat baik. 

Bagi yang mungkin sedang berencana untuk memulai suatu bisnis atau sudah memulainya, dan sedang mencari ruangan kantor untuk disewa, mungkin ini menjadi hal yang susah-susah gampang bagi anda.

Tapi tidak perlu khawatir lagi, karena disini akan membahas tentang beberapa cara yang dapat menjadi tips apabila menyewa kantor untuk pertama kalinya. 

Pembagian ruang kantor, dan lain sebagainya, akan menjadi banyak bahan pertimbangan. Terlebih, harus mengambil keputusan untuk sewa ruang kantor bukanlah hal yang mudah, jadi mari simak penjelasan berikut ini.  

1. Tentukan Pilihan Menyewa Kantor

Sebelum mengambil keputusan untuk menyewa kantor, perlu anda pertinbangkan hal tersebut. Diantara menyewa kantor khusus atau konvensional, private office, ruang coworking ataupun virtual office dengan harga yang lebih terjangkau dari pada kantor pada umumnya.

2. Pilih Lokasi Kantor yang Tepat dan juga Strategis

Perlunya menentukan pilihan antara kantor khusus atau konvensional, private office, ruang coworking ataupun virtual office. Maka setelah sudah memilih mana kantor yang akan anda gunakan, sekarang waktu yang tepat untuk anda memilih lokasi kantor yang tepat dan strategis untuk bisnis anda.

Anda juga perlu mempertimbangkan bahwa lokasi kantor harus memiliki beberapa poin seperti, dekat akses transportasi umum, dekat dengan food court lainnya. dekat dengan pusat perbelanjaan, keamanan dari lokasi yang dipilih, lalu lintas di sekitar lokasi kantor, ruang parkir untuk para pengunjung kantor, sehingga anda bida memastikan karyawan dan para klien tidak akan kesusahan dalam mencari parkir. 

Dengan memperhatikan hal tersebut, anda akan menemukan lokasi kantor yang tepat dan juga strategis bagi semua pihak. 

3. Pertimbangkan Tata Letak dan Ukuran Kantor

Lalu yang ketiga pun penting untuk pertimbangkan ketika ingin menyewa kantor untuk pertama kalinya. Dan mungkin ini akan menjadi pertanyaan yang cukup sulit ketika anda belum pernah menyewa kantor sama sekali sebelumnya, namun ada yang juga harus dipertimbangkan, yaitu ukuran kantor dan tata letak lokasi yang telah terpilih, seperti, jumlah karyawan, banyak ruang kantor yang kita butuhkan. Dan juga beberaa yang perlu disiapkan di dalam kantor, seperti ruang rapat, ruang CEO, toilet, pantry, ruang kerja karyawan, ruang tunggu, gudang, dan lain sebagainya.

Dengan jumlah karyawan menjadi semakin banyak seiring berjalannya waktu dan masa kontrak ruang kantor masih lama, maka dengan begitu anda dapat mengambil solusi lain dengan menerapkan jam kerja yang fleksibel, sehingga semua karyawan tidak perlu datang bekerja pada waktu yang bersamaan. Solusi lain yang dapat diambil ialah dengan merekrut karyawan freelance atau karyawan yang bersedia untuk remote working atau bekerja dalam jarak jauh.

4. Kustomisasi Ruang Kantor yang di Inginkan

Setelah sudah menentukan lokasi penyewaan kantor, mempertimbangkan ukuran kantor dan tata letaknya, sekarang juga waktunya bagi anda untuk dapat mengkustomisasi ruangan kantor yang di inginkan. Yang bisa menghias ruang kantor berdasarkan visi dan misi yang dimiliki suatu perusahaan. 

5. Planning Biaya Penyewaan Kantor Sampai Biaya Tambahan Lainnya 

6. Pertimbangkan untuk Waktu Penyewaan Kantor

7. Kontrak Penyewaan Kantor dengan Cara yang Baik

8. Pilihlah Ruang Kantor dengan Sangat Bijak

Dengan sudah mengetahui tips sebelum anda menyewa kantor, maka anda dapat dengan mudah menyewa kantor. Jika ingin lebih mudah ditambah murah, anda dapat menyewa kantor biasa, private office, coworking dan bahkan virtual office sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. Hanya di Indo Office!